jika kalian para karyawan dan mahasisiwa yang ingin menambah penghasilan demi keperluan dapur bagi yang sudah bekeluarga dan kebutuhan print makalah bagi yang mahasiswa, cobalah peruntungan dengan kerja sampingan. Sekarang ini banyak sekali bisnis kerja sampingan yang mungkin akan menjadi sebagai pekerjaan utama.
kerja sampingan kaum rebahan

Siapa yang tidak tahu youtube sekarang ini? dulu ini hanya platform untuk berbagi video, sekarang ini banyak youtuber bermunculan yang menggunakan platform ini sebagai sumber penghasilan utama. Penghasilan yang didapatkan dapat mencukupi kebutuhan hidupnya mulai bermain, makan, traveling, dll.

Sumber penghasilan tambahan ini dapat melawan terjadinya inflasi yang terjadi dari tahun ke tahun. ada bermacam - macam sumber penghasilan, ini dapat dikategorikan dalam profit income jika jenis usaha kita jual beli. bisa jualan online shop, dropshiper toko, buka warung dirumah, dll.

Bisnis Sampingan Modal Kecil Hasil Maksimal

1. Dropship 

Bisnis ini dengan sistem menjual barang orang lain dengan mengambil keuntungan telah ditentukan. Bisnis ini sedang booming akhir - akhir ini. Berkat kemunculan market place, bisnis jual beli berkembang pesat di Indonesia. Banyak penjual yang tidak memiliki toko secara fisik, tetapi berjualan lewat market place

Keuntungan nya cukup untuk kebutuhan sehari - hari. Cara berjualan di Marketplace banyak strateginya, tergantung menggunakan platform market place yang mana. Setiap Market place memiliki algoritma atau aturan supaya barang jualan muncul paling atas.

Banyak toko atau bisnis yang sudah besar, membuka dropship untuk para penjual dengan modal kecil. Ada yang memiliki sistem penjualan dan kirim yang sudah terintegrasi dengan aplikasi pemilik bisnis. Semua dapat terpantau pada aplikasi tersebut
bisnis online shop sebagai sampingan

Alur bisnis Dropship pada Market Place
  1. Kita mencari toko atau bisnis yang membuka dropship
  2. kemudian, kita minta foto barang yang ingin dijual
  3. promosikan barang tersebut pada market place
  4. ketika ada yang tertarik dan melakukan pembelian. Minta bayar barang terlebih dahulu
  5. kemudian hubungi pemilik barang dan transfer uang kepada pemilik barang
  6. pemilik barang akan mengirimkan barang langsung kepada pembeli tadi
Cocok sekali bagi yang banyak waktu luang dirumah. daripada tidak ada kegiatan lebih baik bisnis dropship buat nambah uang bulanan

2. Jual beli website

Seperti bisnis jual beli pada umumnya, hanya saja yang dijual website. Prospek kedepannya website sangat menjanjikan, terutama didukung dengan internet yang sudah menjadi kebutuhan yang sulit dipisahkan sekarang ini. 

Semua perusahaan ataupun penjual memerlukan website bisnis sebagai bentuk profesionalitas adalam berbisnis sekarang ini. Semua brand besar maupun lokal memiliki website sendiri. Ini menjadi keuntungan bagi yang memiliki skill dalam membuat website. Bagi website jual beli dapat menggunakan cms wordpress, opencart, magento. Tidak perlu bangun website dari mulai ngoding, hanya perlu menyesuaikan isinya.

3. Admin sosial media

Bagi orang yang aktif sekali di sosmed ini pekerjaan saampingan yang cocok sekali. Bagi kebanyakan orang ini bisnis yang sangat enak, bermain sosmed tapi dibayar. Kita dapat menjadi admin sosmed sebuah perusahaan, tidak perlu setiap hari dikantor. Hanya bermodal smartphone, kuota dan aplikasi edit foto atau video pekerjaan sampingan ini dapat dilakukan

4. Youtuber atau Blogger

Platform kedunya sedang trending saat ini. Sekarang ini banyak youtuber dan blogger baru bermunculan dengan karya mereka. Youtuber sekarang ini sedang trending di indonesia. Penghasilan yang didapatkan juga tidak bisa dianggap remeh. Bahkan banyak dari mereka yang sukses dari youtube.
kerja sampingan content creator

Bagi orang awam pasti akan bertanya - tanya. Blogger? apasih blogger? emang ada penghasilannya?
blogger hampir sama dengan youtube, hanya saja cara menyajikan konten mereka berbeda. Youtube menyajiikan konten dalam bentuk video dan blogger menyajikan konten dalam bentuk tulisan. Penghasilan dari blog juga tidak bisa dianggap remeh. Hanya saja jangan disamakan dengan youtube, algoritma keduanya berbeda.

Menjadi blogger dan youtuber ini cocok sebagai kerja sampingan mahasiswa atau kerja sampingan para pelajar yang ingin mencari uang jajan. Penghasilan yang didapatkan tergantung dari usaha dan konsistensi dalam merintis. 

5. Graphic designer

Bagi yang memiliki skill dalam pembuatan design gamar ini dapat menjadi peluang. banyak freelance graphic designer yang dapat klien dari luar negeri. Hasil sekali design juga lumayan, ada yang bisa mencapai $75 USD sekali jual design. Ini tergantung seberapa skill dalam design gambar dan menjual design tersebut.

Seni dan rasa dalam membuat design sangat dibutuhkan, terutama imajinasi dan kreatifitas. Ini lebih mengandalkan kreatifitas dalam memvisualkan ide yang diminta klien. Dapat dipelajari lewat youtube ataupun course online yang menyediakan kelas. Kerja part-time ini dapat dipelajari lewat youtube. Banyak sekali tutor - tutor cara mengedit gambar, membuat desain, dan desain logo.

Kerja sampingan bermodal kecil. yang dibutuhkan yaitu laptop atau HP, aplikasi desain ( bagi yang menggunakan laptop dapat menggunakan photoshop atau coreldraw, bagi yang menggunakan smartphone dapat menggunakan adobe draw). Desain yang dibuat dapat di kombinasikan menjadi bisnis sampingan.

Sekarang ini, ada model bisnis sampingan kaos dengan sistem jual desain saja. Jadi sistemnya kita buat desain kaos, jacket, atau kemeja. Kemudian ada platform bisnis yang menyediakan kaos, printing, dan pengiriman barang. Kita dapat mengatur sendiri harga 1 desain ditambah kan biaya pencetakan. Keuntungan bisnis sampingan ini lumayan bagi yang mencari uang tambahan.

Bagi yang suka rebahan atau bermalas - malsan di rumah. Kalian dapat mencoba model bisnis diatas. Banyak yang sukses dengan bisnis diatas. Semua pekerjaan itu memerlukan konsistensi, ketekunan dan kesabaran dalam membangun reputasi. 

Semoga bermanfaat,