selama ini kita bekerja, gaji yang didapatkan masuk kategori yang mana sih?

penghasilan yang didapatkan setiap orang dimasukkan dalam beberapa kategori. ini berdasakan cara mendapatkannya.
jenis sumber penghasilan

Ada orang yang berdiam diri dirumah tapi uang yang dihasilkan bisa mencukupi kebutuhan. Banyak orang yang bingung bagaimana bisa mencukupi? kan hanya dirumah saja?

Sekarang ini banyak cara untuk mendapatkan penghasilan. ada yang dari internet. kok bisa? apa yang dikerjakan kalo dapat uang dari internet.

Jenis Penghasilan 

1. Earned income

Penghasilan yang didapatkan dari kita bekerja pada perusahaan. Jenis penghasilan yang paling banyak didapatkan oleh orang. Jenis penghasilan yang umumnya dibayarkan setiap 1 bulan sekali. karyawan, guru, pegawai umumnya yang mendapatkan penghasilan ini.

2. Deviden income

Penghasilan yang didapatkan atas kepemilikan saham sebuah perusahaan tertentu. Jadi perusahaan yang sudah terbuka atau kepemilikan dibagi dengan masyarakat untuk kemakmuran. misalnya BUMN Jasamarga, Bank BRI, Bank BCA, dll.

Sebagai pemilik saham, kita termasuk memiliki perusahaan tersebut. Keuntungan yang didapatkan perusahaan, pemilik saham juga berhak atas keuntungan tersebut. Pembagian nya berbeda beda. ada yang sistemnya 1 tahun 2 kali, satu tahun 1 kali, dll. ini tergantung perusahaannya.

3. Royalti income

Penghasilan yang didapatkan atas karya yang telah kita buat. ini umunya penghasilan yang didapatkan penulis buku, content creator, pencipta lagu. misalnya penulis buku, ketika buku tersebut dicetak dalam bentuk fisik, percetakan akan membayar kan royalti kepada penulis buku untuk dapat dicetak dalam bentuk buku. pembagian tergantung kesepakatan kedua belah pihak

4. Profit income

Penghasilan yang didapatkan dalam jual beli barang. penghasilan yang didapatkan pedagang dan pebisnis umumnya. ada barang yang laku dijual, keuntungannya termasuk dalam profit income

5. Capital Gains

penghasilan yang didapatkan dari selisih harga. penghasilan ini umumnya didapatkan para trader. bisa dari selisih harga saham, selisih mata uang, selisih harga emas, dll. Penghasilan ini didapatkan pada barang barang yang nilanya fluktuatif / mengalami naik turun.

Misalnya sekarang ini harga mata 1 dollar US itu Rp 13.900,-. trader membeli 1000 dollar US. besoknya harga dollar US mengalami kenaikan Rp 100,-.  kemudian trader menjual 1000 dollar US dalam harga Rp 14.000,- setiap lembarnya. berarti keuntungan yang didapatkan trader tersebut 1000 x Rp 100,- = Rp 100.000,-. itulah yang dinamakan penghasilan Capital Gain

6. Rental Income

Penghasilan yang didapatkan dari menyewakan sebuah barang yang dimiliki kepada orang lain. tergantung berapa lama orang tersebut menyewa. bisa rental mobil, sewa kontrakan, sewa kost, sewa kios, dll.

Nah setelah mengetahui jenis penghasilan diatas nih. penghasilan kalian termasuk yang mana aja? jangan heran lagi jika ada tetangga yang hanya tinggal dirumah tapi tetap memiliki penghasilan yang mampu mencukupi kebutuhan hidup rumah tangganya.

semoga bermanfaat,