Sekarang ini banyak sekali pebisnis muda bermunculan. Mereka sukses dalam waktu yang muda dan dapat menikmati hidup. Itu membuat banyak para remaja iri dan ingin membuat bisnis mereka sendiri. Banyak yang mengalami kegagalan ditengah jalan dan ada yang bingung ingin memulai bisnis apa.

Kenapa sih sulit mencari ide awal? Kenapa sih pikiran pertama saat memulai bisnis itu gagal?

Pasti itu pertanyaan yang muncul ketika ingin memulai. Terlihat gagal saat membangun bisnis pasti sangat memalukan. Padahal kita belum memulai apapun tetapi sudah memikirkan hasilnya. berproses kecil saja belum sudah ingin menikmati kesuksesan seperti pebisnis  yang sukses.

kegagalan dalam bisnis memang terdengar memalukan. Pasti menjadi bahan omongan dalam circle kita, terutama orang terdekat. Jenis pendapatan yang kita dapatkan 

Siapa yang tidak ingin hidup berkecukupan? ini impian semua orang. Mereka lupa untuk mencapai itu semua membutuhkan proses dan titik mulai. Kebanyakan orang hanya memimpikannya tanpa berpikir bagaimana caranya. 
alasan sulit memulai bisnis

Dapat diibaratkan kita ingin buah apel, tetapi kita belum mulai menanam pohonnya. Banyak cara untuk mendapatkan buah apel itu. Bisa dengan menjual buah mangga, kemudian untung yang didapatkan untuk membeli buah apel. Bisa dengan menanam pohon apel. Bisa dengan melakukan barter 1kg apel ditukar dengan 3kg buah mangga. 

Hasil yang didapatkan sama ( apel ), memulai dan prosesnya berbeda. sebelum melalui proses, pasti kita harus memulai terlebih dahulu. semua berawal dari apa yang kita lakukan saat ini. kenapa memulai itu sulit?

Alasan kenapa memulai bisnis itu sulit

1. Takut akan ketidakpastian

kita banyak menikmati zona nyaman kita sekarang ini. Dengan uang yang selalu ada ketika kita meminta kepada orang tua ataupun gaji bulanan yang kita dapatkan ketika bekerja dikantor. Tidak perlu bingung ketika ada penurunan pendapatan.

ketidakpastian memang tidak nyaman. pendapatan naik turun. cicilan yang menunggak akibat target bulanan tidak terpenuhi. Rasa cemas itu pasti selalu terngiang-ngiang di pikiran kita. itulah kenapa memulai itu sulit

2. Takut dengan perubahan

Inilah yang terjadi sekarang ini. Semua orang ingin perubahan dalam hidupnya. pemasukan yang besar, keinginan terpenuhi, mobil mewah, dll. iItulah yang diinginkan semua orang. Ketika ditanya siapa yang ingin berubah? pasti tidak ada yang menjawab

ini sebenarnya masalah klise dalam mindset setiap orang, yang kita hasilkan dimasa depan pasti buah kerja keras kita di masa lalu. tidak ada orang sukses tanpa kerja keras. mereka menghabiskan banyak waktu melakukan perubahan sekarang ini, menikmati proses, hasil mulai kelihatan dan seperti sekarang.

Dalam berproses pasti ada yang harus dikorbankan. waktu, tenaga, dan pikiran. masa sulit juga sering menghampiri mereka, tetapi mereka tetap konsisten melakukan demi mencapai hasil yang sudah diimpikan sebelumnya.

3. Takut terlihat bodoh ketika gagal

Gagal? pasti semua orang takut akan hal yang satu ini. Kata - kata yang membuat orang malas atau enggan memulai sesuatu. dikucilkan dari keluarga, diejek teman, dll. itu adalah efek yang didapatkan ketika gagal dalam memulai bisnis.

Semua yang kita lakukan pasti memiliki resiko. Ketika tidak masuk kerja, maka gaji bulanan kita akan dipotong. Seperti halnya bisnis, dalam proses membangun bisnis pasti tidak selamanya mulus. pemasukan berkurang, di bohongi oleh partner bisnis, dll. Yang tahu itu gagal atau sukses dalam bisnis adalah dirimu sendiri.

Yang orang lain lihat pasti berdasarkan materi yang kita dapatkan selama berbisnis. Padahal banyak hal yang tidak terlihat tetapi kita sukses mendapatkannya. Sukses mendapatkan partner kerja yang satu visi, Sukses membangun service yang baik, Sukses berkolaborasi dengan brand lain. itu semua merupakan pencapaian yang kita dapatkan. tidak semua diukur dengan materi.

4. Banyak alasan

Saat ditanya kenapa tidak coba bangun bisnis? pasti ada saja alasan yang kita dapatkan dari orang lain. ada yang inilah, ada yang itulah. ketakutan dalam memulai bisnis pasti akan selalu muncul. Orang yang sekarang ini sukses pasti mengalami hal itu, tapi kita harus belajar dari orang sukses. Bagaimana mereka memulai itu dengan alasan - alasan yang mereka dapatkan?

5. Tidak mau usaha

Saat memulai membangun bisnis kita dapat bekerja 2 kali lipat dari orang yang bekerja di kantor. kita harus membangun nama bisnis, mencari formula bisnis, supplier, customer, dll. Kebanyakan orang hanya melihat hasilnya saja, tidak melihat usaha yang dikerahkan saat merintis bisnis tersebut. saat pertama memulai bisnis, kita melakukan sendiri karena modal yang kita punya tidak cukup untuk merekrut karyawan. setelah mendapat keuntungan dan dirasa cukup untuk membayar karyawan, barulah rekrut karyawan dan memberikan pengarahan. terus seperti itu sampai seperti yang sekrang mereka dapatkan.

Banyak orang sekarang ini ingin menjadi pebisnis karena contoh yang mereka kagumi bisa sukses dari berbisnis. Mereka semua yang sukses sekarang ini, telah berhasil memerangi alasan - alasan dalam memulai berbisnis dan bersedia berproses. Kalahkan hal itu dan memulainya

Semoga bermanfaat,