Mengatur waktu dalam bekerja menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Ini memperngaruhi produktifitas dari perkejaan yang kita lakukan seharian. Semua orang memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam dan tidak jarang merasa masih kurang. Banyak orang mengeluh akan kesibukan pada kerjaan

Gunakan waktu anda untuk kegiatan yang produktif, bukan kegiatan yang sibuk. Terdengar sama sama menggunakan waktu untuk banyak pekerjaan. Pembeda dari keduanya adalah hasil yang didapatkan.
cara mengatur waktu lebiih efektif dan efisien
Add caption

Baik Pengusaha maupun karyawan kantor, mulailah mencoba memaksimalkan waktu yang anda miliki seharian. Jangan sampai pekerjaan dikantor masih belum selesai dan mengharuskan kalian untuk lembur. Mulai terapkan beberapa hal yang saya sebutkan dibawah ini agar waktu anda dapat produktif.

Cara Mengatur Waktu

1. Buat To Do List

Buatlah daftar pekerjaan yang dapat kamu selesaikan dalam kurun waktu harian, mingguan, dan bulanan. Tulis secara detail yang ingin anda kerjakan. Tanpa rencana, semua tujuan akan sulit tercapai.

Anda bisa mencatat pada aplikasi note di smartphone yang sering kamu bawa. Kemampuan manusia dalam mengingat banyak hal dalam sehari sangat terbatas dan lebih mudah mencari solusi atas permasalahan secara spontan. Optimalkan aplikasi note pada gadget anda dalam mengatur waktu supaya lebih efektif.

Lakukan penyusunan list pekerjaan besok sebelum tidur dan evaluasi kembali mengenai To DO List yang sudah anda buat khusus harian ini. Target apa saja yang sudah sesuai dan target apa saja yang belum terlaksana. Tulis kembali hal - hal yang belum terlaksana pada hari ini dalam note besok pagi beserta list pekerjaan besok pagi. 

2. Tentukan Waktu

Setiap pekerjaan yang anda lakukan memiliki target waktu supaya selesai sesuai rencana awal. Atur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut dan lakukan jeda sebelum lanjut ke pekerjaan berikutnya. Manfaatkan jeda waktu untuk melakukan evaluasi mengenai tujuan, proses, dan hasil atau perlu dilakukan revisi. Apakah seharusnya waktu untuk pekerjaan tersebut bisa dipersingkat atau membutuhkan tambahan waktu.

3. Prioritaskan Pekerjaan

Tentukan skala prioritas dari pekerjaan yang anda kerjakan. Dalam menentukan skala prioritas ini juga menentukan seberapa profesional anda dalam pekerjaan. Membutuhkan latihan untuk menentukan mana yang perlu didahulukan dan mana yang dapat dikerjakan nanti.
prioritas utama mengatur waktu

Gambar diatas menjelaskan penggolongan pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

  • kuadran I digunakan untuk kegiatan yang mendesak dan penting. harus dilakukan segera.
  • kuadran II digunakan untuk kegiatan penting tapi tidak mendesak. Ini digunakan untuk melakukan rencana atau planning jangka panjang. Misalnya proses memperluas bisnis, inovasi yang ingin dikembangkan.
  • kuadran III digunakan untuk kegiatan tidak penting tetapi mendesak. kegiatan ini dapat membuat anda sedikit mengalami gangguan dalam mencapai tujuan, anda dapat melakukan ini ataupun mendelegasikan pekerjaan ini kepada orang lain
  • kuadran IV digunakan untuk kegiatan tidak penting dan tidak mendesak. berisi kegiatan yang mengganggu konsentrasi dan fokus dalam melakukan pekerjaan 

4. Stop Menunda Pekerjaan

Sekarang ini banyak sekali gangguan yang mempengaruhi fokusmu dalam bekerja. Bahkan sering sekali menghasikan waktu berjam - jam untuk melihat status teman, timeline facebook, tweet terbaru dari artis, berita artis di televisi. Ini lah yang menyita waktu anda seharian

Dengan membuat To Do List dan menentukan skala prioritas pekerjaan, langsung lakukan kegiatan yang sudah anda buat sebelumnya. Letakkan smartphone anda dengan layar menghadap kebawah, agar tidak mengganggu fokus anda.

5. Fokus dengan Apa yang Dikerjakan

Sekarang ini smartphone sudah dapat melakukan 2 pekerjaan sekaligus, atau dikenal dengan istilah multitasking. Anda tidak boleh menyamakan diri anda dengan smartphone yang sudah dirancang untuk melakukan banyak tugas sekaligus. Melakukan banyak kegiatan dengan sekaligus ini tidak baik bagi anda dan akan mengganggu fokus anda. Hasil yang didapatkan tidak akan optimal.

Ketika melakukan multitasking, otak akan bekerja lebih keras dari biasanya. Akibatnya akan membuat otak anda cepat lelah dan mudah menimbulkan stress.

Dengan 5 tips diatas, Waktu anda akan lebih optimal dan target dapat tercapai dengan efisiensi dalam menggunakan waktu anda.

Semoga bermanfaat,