Usia ini menjadi impian ketika kecil " ingin cepat-cepat dewasa, biar bisa bebas"

Pasti semua dulu berpikir seperti itu, ketika sudah memasuki masa itu. Mereka kebingungan melakukan kegiatan apa. Kemudian berpikir untuk kecil lagi.

transisi itu mulai dirasakan efeknya ketika setelah lulus SMA atau SMK. mereka mengalami masa dimana mencari uang itu susah, tidak mungkin lagi meminta uang jajan kepada ortu lagi. itu yang menjadi dilema sekarang ini. Ketika bangun bisnis, masih bingung memilih bisnis apa dan ketika ingin bekerja, skill apa yang bisa saya jual di perusahaan.
investasi memasuki usia 20

Saat Usia 20 investasikan waktumu kepada hal - hal yang bermanfaat. Investasikan pada hal yang tepat. itu akan membantumu di masa depan dan sumber penghasilan yang kita dapatkan dapat mencukupi kebutuhan. Tidak perlu pinjam sana, pinjam sini lagi

Investasi usia 20 tahun ini membuktikan bahwa kalian sudah memiliki planning untuk kedepannya. Investasi usia muda memungkinkan kalian untuk memiliki opportunity atau kelebihan dari teman - teman kalian dalam berbisnis atau bekerja pada perusahaan besar.

Investasi Terbaik Pada Usia 20

1. Ilmu

Saat usia muda, investasi ilmu menjadi hal yang sangat penting. ini modal utama ketika ingin bekerja atau membangun bisnis. Konteksnya ilmu yang dimaksud kali ini bukan hanya tentang kuliah. takutnya kalian salah paham dan menganggap setelah lulus sekolah harus kuliah. itu tidak benar 

ilmu yang dimaksud kali ini lebih luas. Ilmu yang kita ingin dapatkan bisa dari youtube, course online, seminar, kuliah, kerja, dll. Pasti ada hal yang bisa dipelajari dari hal itu. misal dalam merencanakan keuangan, skill yang sedang banyak dicari, dll.

kemudian muncul semboyan " Investasi leher ke atas, setelah itu investasi leher ke bawah ". Maksud dari semboyan itu adalah ketika kita masih muda gunakan waktumu untuk mencari ilmu sebanyak banyaknya kemudian baru gunakan untuk mengisi perut. Kita tahu dulu cara untuk menghasilkan uang, baru bisa gunakan uang itu untuk makan. Logika sederhananya seperti itu

2. Bisnis atau Kerja

ini pilihan setiap orang. tidak ada yang salah dari keduanya, tujuan nya sama untuk menghasilkan uang tetapi dengan cara yang berbeda. Saat membangun bisnis, maka perlu memilih bisnis apa? target marketnya siapa? alur bisnisnya bagaimana?. kalau berbisnis tentukan hal itu terlebih dahulu.

Ketika memilih kerja maka pertanyaan yang muncul ingin kerja apa? skill apa yang sudah dikuasai untuk bekerja diposisi itu? bekerja dimana?. itu pertanyaan yang muncul ketika memilih bekerja

cari jawaban pertanyaan dasar diatas. suatu saat pilihan bisa berubah. ada yang berbisnis milih untuk bekerja dana ada yang bekerja lebih memilih untuk berbisnis. banyak orang seperti itu dan kembali lagi ke pertanyaan itu. Tentukan jawabannya dan planning yang matang.

3. Networking

ini  kegiatan untuk berhubungan dengan orang lain. bisnis atau kerja membutuhkan hal ini. semakin luas networking yang didapatkan maka semakin banyak juga informasi yang didapatkan. Usia muda harus membangun networking yang luas. Ini berpengaruh pada bisnis dan kerja kalian.

ketika berbisnis, yang didapatkan dengan networking yang luas antara lain mendapat supplier bahan baku yang lebih murah dengan kualitas sama, melakukan kolaborasi dalam bisnisnya, bertukar pikiran tentang masalah bisnis yang dihadapi.

ketika bekerja, yang didapatkan dengan networking yang luas antara lain mendapatkan bantuan dalam memecahkan masalah pekerjaan, dapat tawaran pada perusahaan lain, skill bertambah dengan bertukar pikiran.

usia 20 itu proses transisi. kuliah, bisnis, atau kerja merupakan pilihan setiap orang. jangan lupakan 3 yang sudah disebutkan diatas. Investasikan tenaga dan pikiran pada hal yang memberikan manfaat bagi anda di kemudian hari

semoga memberikan manfaat,